Selasa, 29 Mei 2018

Waspadai gejala Sapi Cacingan dan pengobatanya

Penyakit cacingan merupakan penyakit yang sering menyerang ternak yang dipelihara secara tradisional. dan tergolong penyakit yang mudah ditangani tergantung dengan banyak sedikitnya cacing dalam tubuh.

Cacing Hati 


Jenis cacing yang menyerang adalah cacing hati, cacing pita, cacing gilig/nematoda. cacing yang menyerang sapi sebenarnya sangat banyak jenis nya, namun yang paling sering menyerang adalah jenis cacing hati dan cacing pita, biasanya disebabkan oleh kondisi pakan yang tidak bersih atau mengandung larva cacing. biasanya pada rumput hijauan. proses pengobatan biasanya dilakukan dengan melumpuhkan cacing sehingga cacing yang mati tersebut akan ikut keluar melalui kotoran sapi.


Cacing pita


ciri dan gejala umum yang tampak saat sapi terserang cacingan adalah :

Sapi tidak nafsu makan
sapi terlihat kurus dari hari ke hari
Susah buang air besar atau tidak teratur
Diare berkepanjangan dan mencret
Gerakan melemah dan mata sayu
Nafas terengah-engah
Hidung dan mulut mulai kering

Pencegahan dan pengobatan penyakit cacingan pada ternak adalah

Usahakan kandang tidak sering lembab
Jangan terlalu sering menggembalakan sapi karena kita tidak bisa mengontrol kebersihan rumput yang dikonsumsi oleh sapi
Sisa pakan dikandang jangan dibiarkan terlalu lama, segera buang atau oalh menjadi pupuk tanaman atau dikeringkan dan difermentasi
Berikan obat cacing secara rutin dan berkala (biasanya 2 bulan sekali)
Obat yang biasanya digunakan oleh dokter hewan adalah dalam jenis benzimidazol, imidathiazol dan Avermectin ( konsultasikan dengan dokter hewan sebelum menggunakannya )
Pengobatan tradisional dengan pemberian daun atau buah nanas. terutama untuk melumpuhkan cacing nematoda. untuk cacing lain bisa diberikan bawang putih karena sangat efektif dan tidak terdapat efek samping.

This Is The Newest Post